Cara Membuat Band Yang Bagus

cara membuat band yang bagus
The Beatles
Membuat band yang bagus kompak itu sebenernya mudah jika partner atau personilnya satu tujuan satu misi untuk membentuk band hingga band tersebut maju.

Tetapi tidak di pungkiri banyak band yang bubar pada saat band tersebut sedang proses ke hal yang lebih baik, sebagai contoh band band indonesia.

Band di indonesia memang begitu banyak tetapi hanya sedikit yang mampu sukses dan bertahan di kancah musik indonesia. banyak band hanya muncul pada single pertamanya dan meledak-ledak lagunya tetapi saat merilis single ke-2 band tersebut seakan hilang karena kualitas lagu yang berbeda dari lagu pertamanya.

Tetapi banyak band yang bubar karena personilnya meninggalkan band yang sudah dirintis dari 0 dan memilih jalan lain padahal band tersebut sudah eksis di musik indonesia.

Disini saya akan menjelaskan tentang cara membuat band yang bagus sehingga bisa dijadikan referensi bagi sobat yang kan membentuk band secara serius.

1. Carilah Partner
Dengan mencari partner sobat bisa membentuk band, carilah partnet yang satu tujuan satu misi dengan kita, usahakan juga cari partner yang mencintai genre yang akan sobat bentuk dalam band tersebut.

Dengan memilih partnet seperti itu sobat tidak akan ada rasa perbedaan karena partner yang sobat pilih memiliki tujuan yang sama dengan band yang akan di bentuk.

Jumlah personil bisa ditentukan dengan kebutuhan musik yang akan dimainkan, biasanya grup band memiliki 5 anggota yang masing masing lead gitar, rhythm gitar, bass, drum, dan vokalis. tetapi banyak band yang hanya beranggotakan 4 bahkan 3 orang saja.

Biasanya band yang beranggotakan 4 sampai 3 orang memakai tambahan personil saat rekaman dan saat konser agar musik lebih berwarna.

2. Tentukan Genre Musik
Grup band yang tidak mempunya genre tentunya akan acak acakan pada lagunya dan itu akan tidak mempunyai ciri khas tersendiri pada lagu lagu yang dimainkannya.

Usahakan sobat memilih genre yang sobat gemari yang akan di masukan kepada band yang di bentuk, contohnya pop, japanese rock, Metal, dll

Tentu saja ini sangat sulit jika ada salah satu parter sobat yang tidak menyukai genre yang di usung band sobat, inilah penting nya memilih partner yang cocok untuk band yang sobat buat.

Jika ada partner yang tidak menyukai dengan genre yang di usung band sobat tentunya band tersebut akan sulit berkembang karena ada partner yang tidak menyukai dengan genre yang di usung band sobat.


3. Seringlah berlatih
Semua di dunia ini memang tidak akan ada yang instan semua harus ada prosesnya begitu juga dengan membentuk band harus ada prosesnya.




Dengan cara berlatih terus menerus sobat bisa menilai partner dan mengetahui kekurangan kelebihan dari partner atau personil band.

Berlatih juga bisa menumbuhkan rasa chemistry antara partner band sobat. Chemistry ini dalam bidang apapun sangatlah penting terutama yang akan serius menukangi bidang tersebut.

4. Buatlah Managemen
Managemen sangat penting dalam suatu band, kita tidak bisa hanya membuat band untuk menjadi terkenal tetapi harus ada managamen yang kompak di dalamnya agar band yang sobat bantuk semakin kokoh.

Managemen berguna untuk menyalurkan karya yang kita buat contohnya lagu buatan sendiri.

Bayangkan jika band tidak ada managemannya tak lama band tersebut tidak akan berkembang dan akan jalan di tempat.

5. Buatlah Lagu Demo Ciptaan Sendiri
Salah satu langkah menjadikan band sobat bisa maju yaitu dengan membuat lagu sendiri yang bagus, memang sulit membuat lagu tapi dengan pengalaman di tangan pasti bisa membuat lagu yang nge-hits dikemudian hari.

Biasanya penciptaan lagu untuk band dikerjakan perorangan atau secara bersama-sama. contoh band yang lagu lagu nya diciptakan perorangan yaitu Noah yang hanya bertumpu pada Ariel sang vokalis yang menciptakan lagu untuk bandnya.

Ada juga band yang lebih memilih menciptakan lagu dengan memaksimalkan personil band nya, contohnya seperti The Changcuters yang lebih memaksimalkan personil yang berlima itu untuk menciptakan lagu secara bersama-sama.

6. Tawarkan Demo Lagu ke Radio Radio
Tidak hanya membuat lagu yang bagus tapi sobat juga harus berusaha menawarkan lagu yang sobat sudah buat ke radio radio agar banyak yang mendengarkan kualitas lagu yang sobar buat.

Dengan harapan lagu sobat banyak yang menyukainya dan harapan lagu sobat bisa di dengar oleh produser produser musik yang akan memanggil sobat jika menyukai lagu yang sobat buat itu.

Kesimpulan.. .
Tentu saja di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin semua akan terjadi dengan keinginan kita jika berusaha dan tentunya berdoa pasti sobat akan menjadi orang berguna dikemudian hari.

Jika ada kritik dan saran silahkan komentar di bawah ini.

2 komentar untuk "Cara Membuat Band Yang Bagus"

Posting Komentar