Cara Stem Gitar Dengan Aplikasi Android

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat maka semakin besar juga peran teknologi bagi hidup manusia dan ketergantungan manusia pada teknologi itu sendiri tidak bisa di hindari.

Memang di era teknologi ini kita tidak bisa menghindari perubahan jaman yang semakin maju dan semakin merajalela di era global ini.

Jika Bicara tentang musik dan teknologi memang ini sangat tidak bisa di pisahkan lagi pada jaman sekarang karena mulai banyak aplikasi/software yang dibuat untuk kebutuhan musik itu sendiri.

Mungkin banyak aplikasi/software yang bertebaran saat ini tapi hanya sedikit yang benar-benar bisa di manfaatkan dengan baik oleh penggunanya.

Kali ini saya akan menjelaskan totorial cara menggunakan aplikasi android untuk men-stem gitar, aplikasi ini bernama GitarTuna

Dalam menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah untuk digunakan hanya diperlukan smartphone android dan gitar.

Memang dalam men-stem gitar tidak harus menggunakan aplikasi karena menggunakan aplikasi tidak bisa melatih insting sobat dalam men-stem gitar.

Seperti yang sudah di ketahui jika men-stem gitar secara manual tidak menggunakan aplikasi bisa melatih insting sobat karena bisa membedakan dan menyamakan nada-nada pada gitar sobat.

Tetapi tidak salah juga jika sobat ingin menggunakan aplikasi secara instan karena nada yang dihasilkan tidak lah jauh berbeda.

Jika sobat tertarik untuk menggunakan aplikasi ini berikut tutorial cara menggunakanya agar sobat tidak bingung saat menggunakanya.

Ke #1 Download dan Install Aplikasi

Sobat bisa download aplikasi nya disini

Ke #2 Buka Aplikasi


Tampilan awal aplikasi GitarTuna
Tampilan Awal Aplikasi GitarTuna

Tampilan awal nya akan seperti di atas dan siap digunakan untuk men-stem gitar.
#3 Stem Gitar

Silahkan sobat dekatkan smartphone sobat dengan gitar, lalu petik senar E atau senar paling kecil.

Lihat pada aplikasi smartphone sobat jika tanda merah mengarah ke arah kiri dan berwarna merah berarti senar E pada gitar sobat kurang kencang dan harus di kencangkan. karena senar yang pas harus ada tepat di tengah tengah. seperti gambar dibawah

Aplikasi GitarTuna
Nada Senar Terlalu Rendah

Sebaliknya jika senar sobat mengarah ke arah kanan pada aplikasi berarti senar sobat terlalu kencang dan harus di kendorkan. seperti gambar di bawah ini.

Aplikasi GitarTuna
Nada Senar Terlalu Tinggi

Jika senar sobat sudah bersusah payah mengencangkan dan mengendorkan senar dan sehingga senar pas di tengah-tengah berarti senar E pada gitar sobat sudah dalam keadaan tidak fals. pada aplikasi pun akan berwarna hijau dan bergambar contreng atau ceklis. teruslah lakukan itu pada semua senar gitar sobat. seperti gambar di bawah.

Aplikasi GitarTuna
Nada Senar Pas

Ke #4 Fitur lainya

Dalam aplikasi ini tidak hanya ada fitur men-stem gitar tetapi di lengkapi dengan berbagai macam chord dan ada juga berbagai macam game bentuk bentuk chord. seperti di bawah ini.

Aplikasi GitarTuna
Bentuk Bentuk Chord

gambar di atas adalah gambar dari chord gitar dari aplikasi tersebut sobat bisa tau chord gitar dan sangat lengkap dari aplikasi ini, sangat cocok untuk sobat yang baru belajar bermain gitar.

Aplikasi GitarTuna
Choose Game

Tidak hanya itu tapi dalam aplikasi ini pun bisa menjadi salah satu hiburan untuk kita seperti layaknya game game chord, dalam fitur ini sobat bisa bermain membentuk chord gitar, menganalisa suara dari masing-masing chord dll. fitur ini sangat cocok untuk sobat yang ingin menghapal chord gitar secara keseluruhan.

Kesimpulan.. .
Dalam aplikasi ini sobat bisa lebih mudah untuk men-stem gitar atau pun belajar chord-chord gitar yang sebelumnya sobat belum mengetahuinya, aplikasi ini cocok untuk sobat yang ingin belajar bermain gitar.

Jika ada kritik dan saran silahkan komentar dibawah ini.

10 komentar untuk "Cara Stem Gitar Dengan Aplikasi Android"

  1. baru tau ane ada applikasi stem gitar, ijin nyimak gan walaupun gk bisa ain gitar asli tp lewat aplikasi bisa di coba

    BalasHapus
  2. njer ada aplikasinya juga :)

    BalasHapus
  3. bermanfaat banget gan buat ane yang mau belajar main gitar

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke smoga makin smangat blajar gitar nya gan

      Hapus
  4. Ane pernah pake juga nih, memang berguna banget daripada meraba-raba tinggi rendahnya sendiri, enak kalo ada yang nunjukin mesti di stem gimana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan pake aplikasi bisa lebih mudah

      Hapus
  5. wah ternyata ada aplikasinya ya makasi infonya min

    BalasHapus

Posting Komentar