Cara Membuat Nama Band yang Keren serta Unik dan Bermakna

Jika sobat mempunyai hobby bermain musik atau bernyanyi serta ingin membuat band dengan teman-teman sobat tentunya harus memikirkan nama yang cocok untuk band tersebut, kegunaan nama itu untuk identitas band itu sendiri.

Tentu sobat sangat bingun untuk menentukan nama band yang akan dipakai, tentunya ada banyak referensi untuk membuat nama band yang unik. Seperti dari singkatan atau nama yang unik lainnya. Jika kita menilik band-band yang top saat ini tentunya memiliki nama band yang mudah diingat agar mudah teringat oleh fans.

Baca ini : Cara Membuat Band yang Bagus dan Keren

Berikut saya paparkan cara membuat nama band yang unik serta keren dan bermakna, mungkin banyak kebiasaan untuk membuat sebuah nama dimasing-masing orang, akan tetapi disini saya akan coba membahas tentang tiga metode cara membuat nama band, Berikut paparannya.

Metode #1 Aturan Dalam Memilih Nama Band

Cara Membuat Nama Band yang Keren serta Unik dan Bermakna

1. Pakailah nama band yang singkat.
Tentu saja sobat sudah tidak asing dengan nama band yang singkat, karena rata-rata nama band yang terkenal terdiri tidak lebih dari tiga kata. Kenapa jarang sekali nama bang yang lebih dari tiga kata? karena untuk mudah di ingat fans nantinya, bisa dibayangkan jika nama band sobat panjang, tentunya akan sulit diingat.

2. Buatlah Nama Band yang Mudah Ditemukan
nama band yang mudah ditemukan tentunya pasti akan mudah diingat, contohnya seperti band Armada. Tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata itu, karena kata itu dipakai untuk armada bus.

Tetapi alangkah baiknya nama yang bagus tidak menganduk kalimat umum, tetapi jika akan memberi nama seperti itu harus ada kata ditambahkan, seperti memakai nama band diujung kalimatnya. kenapa harus seperti itu? karena jika nanti kita search di pencarian internet, kata band sobat tidak akan muncul tetapi yang muncul malah kata umum yang lain.

Perlu diingat juga untuk nama band yang bagus tidak perlu ditambahkan simbol yang tidak dimengerti bahasa komputer karena jika seperti itu akan sulit ditemukan, dan jika akan memakai satu kata harus kata yang tidak umum tapi mudah diingat.

3. Jangan Menggunakan Kata Emosional yang Negatif
Jika sobat akan menggunakan kata-kata negatif tentunya sangat tidak baik untuk kelangsungan band sobat. Ada sebuah band bernama Dogs Die in Hot Cars di Skotlandia, meskipun kalimat itu terlihat keren, akan tetapi artinya sangat tidak baik.

Satu lagi yang perlu diingat, band sobat tidak boleh diberinama mengenai suatu tragedi yang tidak baik atau penderitaan manusia. jika memaksa memberi nama seperti itu bisa dipastikan stasiun radio pastinya enggan untuk menyebutkan band sobat.

4. Nama yang Segar Sangat Cocok untuk Band
Nama seperti The Boy akan sedikit kurang kekinian, hindarilah nama seperti klise seperti itu karena kita sedang hidup di jaman modern bukan jalam 80an.

Sedikit tips yang bagus adalah jangan menggunakan huruf "t" dan "d" diakhir nama, karena nama itu akan terdengan tidak segar dan terkesan klise.

5. Bangunlah Visi untuk Band Sobat
Visi memang sangat dibutuhkan dalam bidang apapun, termasuk juga dalam nama band. tentu saja semua band memiliki visi mereka masing-masing, begitu juga dengan nama band yang akan sobat buat harus terkandung visi yang baik.

Metode #2 Memilih Nama Band



1.Buatlah Nama yang Sangat Berarti
Nama sebuah band dapat terinspirasi dari mana saja, tak terkecuali dari hal-hal yang sangat berarti untuk sobat.

Untuk menemukan nama yang berarti untuk sobat tentunya harus menilik kembali kebiasaan sobat atau band yang akan diberinama, seperti hari kesukaan tanggal, atau sebuah alamat.

2. Ambil dari Hal-hal yang Popular
Hal yang popular tentunya kan membuat semakin band mudah diingat, tetapi jangan terlalu frontal dan mengambil nama selebriti. Atau pakailah nama yang berada dalam karya sastra atau seperti buku, seperti nama Avenged sevenfold yang terinspirasi dari sebuah alkitab.

3. Carilah Nama dari Benda-benda Umum
Benda-benda umum tak luput dari sebuah nama band, karena tidak ada yang menyangka bahwa benda umum pun banyak yang digunakan untuk nama band terkenal seperti Black-eyed Peas. Maka dari itu carilah kata yang tepat dan terlihat unik serta memiliki arti yang bagus.

4. Pakailah Sebuah Nama yang Diacak
Mungkin sudah tidak asing dengan nama band yang memakai kata diacak-acak dan dibolak-balik, ada beberapa band yang menggunakan nama itu dan terkenal. Tetapi harus diingat juga nama yang di acakitu harus sesuai ejaan dan tentunya harus mudah diingat juga.

5. Pakailah Nama Inisial yang Digabung
Nama inisial disini tentunya nama inisial masing-masing personilnya, tentu sudah tidak asing karena banyak band luar negeri dan band dalam negeri yang memakai nama singkatan inisial personal seperti ini.

6. Buatlah Ejaan atau Kata Baru
Tentu sudah tidak asing lagi dengan nama band metal yaitu Metallica. nama band itu adalah tercipta dari kata metal yang akhirnya ditambahkan kata. nah seperti itulah ejaan atau membuat kata baru.

Baca ini : 6 Tahap Membuat Lagu Sendiri

Metode #3 Patenkan nama band sobat

Cara Membuat Nama Band yang Keren serta Unik dan Bermakna

1. Pastikan Nama Band Sobat Tidak Ada yang Menyamai
Hal yang fatal jika band yang sudah diberinama keren serta memiliki arti yang bagus ternyata setelah di cari di internet nama band itu ada. jadi sebelum meresmikan nama band sobat harus mencari terlebih dahulu nama band yang sekiranya tidak ada yang menyamai.

Jika sudah mendapatkan nama band yang cocok dan tidak ada yang menyamai, sobat bisa daftarkan nama itu ke BandName.com agar nantinya nama band sobat tidak ada yang menggunakan.

Jika ada kritik dan saran bisa berkomentar dibawah ini

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Nama Band yang Keren serta Unik dan Bermakna"