4 Penyebab Gitar Selalu Sumbang atau Fals Meski Sudah di Stem dengan Baik

Gitar merupakan alat musik yang paling popular di dunia, alat musik yang dimainkan dengan cara di petik ini memang alat musik yang bisa dimainkan segala kasta di dunia ini.

Seperti diketahui gitar sendiri banyak sekali jenisnya, dari mulai gitar akustik yang harganya sangat murah hingga gitar listrik yang harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Gitar sendiri merupakan alat musik yang fleksibel, maka tak heran hampir semua genre musik di dunia ini pasti di dalamnya ada dentingan suara alat musik ini.

4 Penyebab Gitar Selalu Sumbang atau Fals Meski Sudah di Stem dengan Baik

Nah, jika kita orang yang baru belajar bermain gitar tentunya akan sangat kesulitan dalam men-setting atau men-stem gitar agar terdengar tidak fals. Maka tak heran kita sering kali menyuruh orang agar memperbaiki gitar kita yang fals.

Sebenarnya ada dua cara agar gitar kita tidak terdengar fals, yang pertama yaitu dengan aplikasi stem gitar yang ada pada android dan yang kedua dengan insting.

Cara kedua memang butuh pengalaman dalam mendengar nada-nada gitar dan jika kita orang yang baru belajar gitar tentunya akan sulit.

Cara Stem Gitar Dengan Aplikasi Android
Selanjutnya terkadang juga meski sudah kita men-setting gitar dengan baik akan tetapi suara gitar masih fals padahal senar sudah pas.

Mungkin ada beberapa yang hal membuat gitar tersebut fals. Nah, disini saya akan mencoba menjelaskan lima hal yang membuat gitar menjadi fals.

5 Penyebab Gitar Selalu Fals Meski Sudah di Stem dengan Baik

1. Fretboard yang Habis Terkikis

Fretboard merupakan bagian yang berada pada neck gitar yang berupa kolom-kolom untuk mengatur nada pada gitar.

Seperti diketahui fretboard biasanya terbuat dari besi kuat ada tidak mudah terkikis karena sering ditekan menggunakan senar.

Nah, akan tetapi jika umur gitar tersebut sudah lama dan sering dimainkan maka tak heran juga besi tersebut akan terkikis habis, pada akhirnya hal ini akan mempengaruhi suara gitar.

2. Neck Gitar Bengkok

Neck gitar merupakan bagian gagang gitar yang biasa dipakai untuk menempatkan kunci-kunci gitar.

Pada dasarnya Neck gitar sering kali terbuat dari kayu yang kualitasnya sudah teruji, akan tetapi masih tetap saja ada kejadian neck yang bengkok.

Neck bengkok ini karena beberapa faktor, entah itu karena gitar sering terjatuh atau karena terlalu kencang dalam mengatur star gitar.

Neck gitar memang akan bengkok jika senar gitar terlalu kencang, apalagi jika menggunakan senar yang ukurannya cukup tebal.

3. Badan atau Body yang Berlubang

Body gitar merupakan hal yang sangat vital dalam gitar karena body ini sangat berpengaruh dalam suara yang dihasilkan nantinya terlebih lagi untuk gitar akustik.

Maka tak heran jika ada lubang sedikit pun suara yang dihasilkan gitar akan terdengan sumbang atau fals.

Nah, jadi jika suara gitar masih tetap fals biasakan untuk mengecek keseluruhan badan gitar dan pastikan tidak ada lubang, jika ada lubang segeralah untuk menutupnya agar suara yang dihasilkan bisa maksimal.

4. Kualitas Senar

Pada jaman sekarang memang merk senar gitar sudah sangat banyak sekali, maka tak heran kita harus cermat-cermat dalam memilih senar gitar.

Jika kita salah suara gitar akan terdengar tidak enak, maka saya sarankan disini pilihlah senar yang cocok untuk gitar sobat.

Sebenarnya dalam pemilihan senar tidak perlu mahal, ada beberapa senar yang murah pun bagus, asalkan cocok dengan jenis gitar yang sobat pakai.

7 Merk Gitar Akustik Terbaik dan Murah Dibawah 1 Juta
Oke saya sudah paparkan 5 Penyebab Gitar Selalu Fals Meski Sudah di Stem dengan Baik, semoga bermanfaat untuk sobat gitaris semua.

Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa share artikel ini agar dapat bermanfaat untuk banyak orang.

Tidak ada komentar untuk "4 Penyebab Gitar Selalu Sumbang atau Fals Meski Sudah di Stem dengan Baik"